Benteng Somba Opu

Salah satu tempat wisata di Makassar yang cukup menarik adalah Benteng Somba Opu. Tidak terlalu sulit menuju Benteng Somba Opu. Cukup naik pete-pete jurusan Terminal Mallengkeri yang melewati Jalan Cenderawasih. Bilang saja ke sopir pete-pete bahwa kita akan ke Somba Opu. Nanti kita akan diturunkan di tepi jalan yang sudah dekat ke Benteng Somba Opu. Untuk sampai di Benteng Somba Opu masih perlu jalan kaki beberapa ratus meter. Kalau Anda nggak mau jalan, banyak becak yang siap mengantar Anda.

Somba Opu merupakan tempat wisata di makassar yang berupa benteng yang didirikan pada tahun 1525 oleh Sultan Gowa ke IX, Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna. Benteng ini merupakan saksi bisa perjuangan rakyat Makassar dalam mempertahankan kedaulatan bangsanya.

Dulu tempat ini merupakan pusat perdagangan yang ramai. Namun kemudian dikuasai dan diluluh lantakkan oleh Belanda. Bagaimana kondisinya sekarang? Bekas benteng yang ada di Somba Opu nyaris tidak terlihat lagi. Kita hanya bisa melihat sedikit reruntuhan benteng serta makam Raja Gowa IX.



Konon Benteng Somba Opu dulunya selain berfungsi sebagai benteng juga merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Gowa. Di dalam benteng, kita masih dapat melihat bangunan-bangunan yang kemungkinan adalah peninggalan Kerajaan Gowa. Bahkan kini di dalam kompleks benteng sedang dikembangkan sebuah taman mini untuk Sulawesi Selatan. Jadi dengan mengunjungi benteng ini kita serasa telah mengunjungi seluruh Sulawesi Selatan.

0 Response to "Benteng Somba Opu"

Post a Comment